Jakarta, (Tagar 1/12/2018) - Sudah menjadi rahasia umum Presiden ke-7 Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) penggemar berat berbagai jenis aliran musik. Hobi mendengarkan musik tersebut diakui Jokowi secara gamblang tanpa ditutup-tutupi.

Belum lama ini Jokowi tertangkap kamera bergoyang dayung saat menonton pedangdut Via Valen pada Opening Ceremony Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Ayah Kaesang Pangarep itu juga sering terlihat menyambangi banyak gelaran konser musik sejak masih menjadi Wali Kota Solo sampai dengan menjadi Presiden Indonesia.

Konser apa saja sih yang pernah disinggahi orang nomor satu di negeri ini tersebut? Berikut ini adalah 6 konser musik yang pernah ditonton Jokowi.

1. Rock In Solo Heritage Metal Fest 2011

Saat masih menjadi Wali Kota Solo, Jokowi pernah menghebohkan gelaran musik cadas, Rock In Solo pada 16 September 2011. Mengenakan kaos Lamb Of God, Jokowi berbaur bersama ribuan metalhead lain yang memadati depan panggung menonton punggawa trash metal asal Amerika, Death Angel.

Helatan grup musik metal tersebut diisi oleh penampil dari dalam dan luar negeri, di antaranya Death Angel (USA), Kataklysm (Kanada), Enforce (Australia), Burgerkill (Bandung), Something Wrong (Jogjakarta) Suri & Gigantor (Jakarta) dan gerombolan putra daerah, Down For Life (Solo).

Jokowi KonserJoko Widodo menyambangi Gelaran Rock In Solo 2011 saat masih menjadi Wali Kota Solo. (Foto: Anathalyst/Tebby Wibowo)

2. Linkin Park Live Concert A Thousands Sun: World Tour 2011

Beberapa hari setelah Rock In Solo, Jokowi kembali hadir di konser band hip metal asal Amerika, Linkin Park. Mengenakan kaos hitam bertuliskan Napalm Death, Jokowi tampak menikmati lagu-lagu dari band milik Almarhum Chester Bennington dan kawan-kawan tersebut.

Konser yang saat itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (21/9/2011) tersebut, merupakan  kali kedua kedatangan Linkin Park ke Jakarta, setelah sebelumnya sukses menggeber konser di Ancol pada Juni 2004.

3. Arkarna Party Tour Indonesia 2013

Apa jadinya kalau seorang gubernur terlalu lelah menunggu band yang ingin ditontonnya tampil? Barangkali akan memilih duduk dikursi empuk area VIP. Tidak demikian dengan Jokowi. Meski saat itu dirinya sudah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi duduk di lantai arena festival di antara kaki-kaki penonton lain.

Hal itu terjadi di konser band rock asal London, Inggris, Arkarna, di Tennis Indoor, Senayan pada 31 Mei 2013 lalu. Hal yang lebih menghebohkan lagi terjadi saat Ollie Jacobs, sang vokalis, mengundang sang gubernur ke atas pentas dan mengajaknya berkolaborasi untuk bernyanyi bersama.

4. Java Rockin Land 2013

Mulanya penonton dari helatan musik berkonsep festival, Java Rockin Land tidak ada yang menyadari kehadiran Jokowi di area keriaan. Sampai akhirnya, Andy, vokalis band rock asal bandung, /Rif, menyapa beliau dari atas panggung.

"Selamat datang Bapak Jokowi, yang sudah datang nonton /Rif malam ini," sapa Andy di Pantai Carnaval, Ancol pada 23 Juni 2013.

Di akhir acara, Gubernur DKI yang masih berpasangan dengan Ahok itu sempat memberi masukan kepada penyelenggara untuk memboyong band metal besar, seperti Megadeth dan Judas Priest.

5. Metallica Death Magnetic Tour Jakarta 2013

Nama Jokowi pernah menggaung di area konser #MetallicaJKT. Penonton meneriaki namanya berkali-kali saat jeda konser. Di sela kesibukannya mengurusi kota Jakarta yang dipimpinnya, Jokowi menyempatkan diri untuk datang ke konser Metallica yang saat itu digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 25 Agustus 2013.

Metallica merupakan salah satu band favorit Jokowi yang memang dikenal sebagai penggila musik keras, selain Megadeth, Lamb Of God dan Judas Priest.

6. We The Fest 2017 dan 2018

Gelaran musik festival We The Fest 2017  didatangi Jokowi saat dirinya sudah menjabat sebagai presiden Indonesia pada 11 Agustus 2017. Alasan Jokowi saat itu adalah karena ingin mengamati dinamika generasi milenial secara nyata. Jokowi kemudian lebih banyak berdiskusi dengan generasi muda dan mampir ke beberapa booth ekonomi kreatif daripada menikmati sajian musik dari para musisi yang tampil malam itu.

Berbeda dengan We The Fest 2017, Jokowi lebih cair saat menyambangi lagi gelaran We The Fest tahun berikutnya. Pada helatan We The Fest 2018, Presiden Jokowi terlihat sangat menikmati suguhan musik dari para musisi, beliau juga sempat memuji penampilan White Shoes And The Couples Company. []

Jokowi konserPresiden Joko Widodo hadir di gelaran We The Fest 2018, di dampingi Adib Hidayat (kiri) dan Triawan Munaf pada 22 Juli 2018. (Foto: Instagram @creativedisk)