Jakarta, (Tagar 6/12/2018) - Kepercayaan diri dalam bersosialisasi di dunia kerja seringkali menjadi skill yang diwajibkan. Kadang menjadi pribadi yang introvert selalu dianggap kelemahan.

Lewat buku Self-Promotion for Introverts: The Quiet Guide to Getting Ahead yang ditulis oleh Nancy Ancowitz, introvert di dunia kerja secara umum memiliki karakteristik seperti:

- Lebih nyaman bekerja sendirian atau bersama sedikit orang/kelompok kecil
- Cenderung menghindari basa-basi atau obrolan kecil
- Lebih banyak mendengar dibanding berbicara
- Lebih perhatian pada detail
- Butuh personal space
- Berpikir dahulu sebelum berbicara atau bertindak
- Lebih tenang dan fokus menyelesaikan satu hal dibanding multitasking

Sekarang ini, banyak anggapan keliru tentang introvert. Stigma orang pendiam yang anti sosial dan tidak bisa berbaur masih melekat kuat. Padahal, walau memiliki sifat ini bukan berarti sama sekali tidak bersosialisasi atau mengidap social anxiety.

Bagi para introvert hal tersebut tidak akan mengganggu ketika berkarier, apalagi saat mereka menemukan pekerjaan yang tepat.

Inilah beberapa karier yang pas dengan para introvert, dilansir lifehack.org.

Perawat Hewan

Introvert memiliki kepribadian yang suka dengan ketenangan, cinta hewan dan keadaan alam. Tentunya pekerjaan merawat hewan menjadi hal yang cocok bagi introvert, untuk memberikan perhatian lebih kepada mereka. Untuk itu karier yang cocok adalah sebagai pakar biologi, dokter veteriner hingga membuka penitipan hewan.

Peneliti Lapangan

Kepekaan introvert dengan alam, juga membantu mereka sangat baik dalam menelitinya. Bahkan kecintaan ini, dapat memberikan kesempatan lebih untuk menjelajahi dunia. Karier yang cocok adalah hidup sebagai pakar geologi, astronom, arkeolog, petugas lab, atau dokter peneliti.

Karier Kreatif

Introvert terlahir dengan kemampuan mereka yang sangat menyukai kesenian, sastra maupun musik. Dengan konsentrasi yang dimiliki, bisa menjadi seorang artis, penulis, bahkan musisi yang handal. Tidak hanya itu, para introvert juga bisa menjadi desainer atau apapun yang diinginkan di dunia kreatif.

Pecinta Teknologi

Perkembangan zaman tidak bisa lepas dari tangan-tangan para introvert. Memiliki konsentrasi dan ketenangan lebih yang menjadi kelebihan para introvert, dapat membantu mereka untuk menguasai dunia. Mulai dari berkarier sebagai programmer, pengembangan software, pembuatan aplikasi, hingga membuat game, menjadi pilihan yang pas.

Pengelola Data

Tentunya data tidak membuat keributan seperti rekan kerja. Untuk itu pekerjaan sebagai akuntan, manajer data, pegawai perpustakaan, dan auditor, menjadi karier yang bisa dijalani. Tentunya harus teliti dalam membaca.

Pilihan Pekerjaan Lain

Tidak berminat dengan pilihan karier sebelumnya? Beberapa karier yang tidak biasa ini bisa dipillih, mulai dari masinis, pilot, pengendara bus, pengelolaan sampah, hingga panitera. Para introvert hanya butuh beberapa perintah saja, untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik. []