Bekasi, (Tagar 5/1/2018) - Tempat wisata dekat Jakarta cocok buat liburan singkat akhir pekan. Perjalanan yang pasti akan menyegarkan karena sejatinya wisata merupakan sarana refreshing, menetralisir pikiran setelah sepakan penuh dengan pekerjaan dan pekerjaan. 

Berikut ini Tagar News referensikan enam tempat liburan singkat akhir pekan untuk disambangi bersama keluarga, teman dekat, ataupun orang terkasih. 

Tentu saja untuk datang ke lokasi ini tak perlu tenteng koper, karena wisata yang kami ulas ini letaknya tak begitu jauh dari Jakarta.

1. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa CariuPenangkaran Rusa Cariu. (Foto: Instagram/idhayhidayat)

Berinteraksi langsung dengan sekawanan rusa yang manja akan kehadiran manusia yang memberinya makanan. Setelah itu, Anda bisa mengelus-elus bulunya atau bahkan memegang langsung tanduk rusa. Tentu saja hal ini tak hanya dapat Anda lakukan di Bandung atau Taman Safari saja.

Hanya berjarak 50 km dari Jakarta, Anda dapat menyambangi Taman Wisata Rusa Tanjung Sari atau lebih dikenal dengan Penangkaran Rusa Cariu. Baiknya datang ke lokasi ini pukul 07.00-14.00. Karena pada jam tersebut rusa Timor, rusa Tutul, dan rusa Bawean sedang lapar-laparnya mencari ubi yang dijual oleh pengelola wisata di areal padang rumput seluas 5 hektare itu.

Untuk berkunjung ke penangkaran rusa yang berada di perbatasan wilayah Bogor dengan Cianjur ini, Anda dapat mengarahkan kendaraan ke wilayah Taman Buah Mekarsari, lalu meneruskan perjalanan ke arah Jonggol.

Lanskap alam menuju penangkaran rusa Cariu juga sangat apik. Sepanjang perjalanan, mata Anda akan dibius dengan panorama indah bukit dan gunung di sekitar Jonggol. Selain itu, perjalanan ini akan dihiasi juga dengan hamparan sawah luas sejauh mata memandang, yang tentu saja dapat dijadikan lokasi swafoto menarik untuk dipamerkan ke khalayak sosial media.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya BogorKebun Raya Bogor. (Foto: Instagram/juliasandrasari)

Kebun Raya Bogor nyaris tak pernah sepi dari pengunjung, yang datang untuk jogging, tamasya atau bahkan untuk studi. Jika Anda memang benar-benar niat berolahraga, maka dapat memanfaatkan transportasi commuter line yang berakhir di Stasiun Bogor. Dari sana, Anda hanya perlu berjalan kaki konstan selama 15 menit untuk tiba di depan loket masuk Kebun Raya.

Di dalam area yang sangat rindang ini, tentunya banyak sekali hal yang dapat Anda dilakukan. Mulai dari jogging di bawah pohon rindang, berwisata sejarah, piknik nyaman rebah di atas tikar beralaskan rerumputan, melakukan fotografi di jembatan merah, bersantai di depan danau, melihat langsung bunga bangkai atau rafflesia arnoldi, hingga menambah wawasan di museum zoology Kebun Raya Bogor.

3. Curug Cigentis Karawang

Curug Cigentis KarawangCurug Cigentis Karawang. (Foto: Instagram/faizatur.rahmah74)

Bila Jawa Tengah memiliki Grojogan Sewu, maka Jawa Barat punya tandingannya, yaitu Curug Cigentis. Air terjun ini mengucurkan derasnya air dari atas tebing setinggi 30 meter.

Untuk menuju lokasi tersebut, tentunya cukup praktis. Pacu kendaraan Anda menuju Desa Loji di Karawang, yang jalanannya akan membelah kaki Gunung Sanggabuana.

Setiba di lokasi air terjun, asyiknya itu mesti tracking lagi menyusuri jalanan setapak berbatu sejauh 1 km, di tepian sungai jernih hingga mencapai panorama menawan di spot Cigentis. Tumpahan air terjun yang tak pernah kering sepanjang tahun ini, dimanfaatkan betul oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah dan kebun-kebun miliknya.

4. Jembatan Situ Gunung Sukabumi

Jembatan Situ Gunung SukabumiJembatan Situ Gunung Sukabumi. (Foto: Instagram/pelabuhanratuinfo)

Membelah hutan lebat dalam kawasan Gunung Gede Pangrango dari jembatan berketinggian 150 meter sekarang dapat dilakukan di Sukabumi. Belum lama ini, jembatan gantung Situ Gunung telah diresmikan oleh pengelola wisata setempat untuk menyedot wisatawan agar ramai-ramai menginjakkan kakinya di tanah Sukabumi.

Tak perlu risau bermacet ria di Ciawi lagi, karena kini Tol Bocimi Seksi I telah hadir menjadi akses pintas ke area Sukabumi, hingga keluar tol Cigombong.

Nantinya di area wisata Situ Gunung pengunjung dapat terpuaskan melakukan foto-foto bentang alam, diperkaya lagi dengan banyaknya spot wisata di sana mulai dari panorama elok jembatan gantung sepanjang 250 meter, penghayatan santai di tepi danau, hingga mandi dengan segarnya air pegunungan di Curug Sawer. Semua itu dapat Anda lakukan secara bergiliran, karena masih dalam satu area kawasan wisata Situ Gunung.

Sekadar saran, sebaiknya bila berkunjung ke sana, apalagi sudah jauh-jauh datang dari Jakarta. Enaknya mencoba kamping di lokasi Situ Gunung, utamanya untuk hilangkan stres serta detoksifikasi dari toksin asap polutan yang lekat di paru-paru warga Jakarta.

5. Kepulauan Seribu Jakarta

Kepulauan Seribu JakartaKepulauan Seribu Jakarta. (Foto: Instagram/kepulauanseribujakarta)

Dialah mutiara yang berkilau eksotis di sisi terluar Jakarta. Rasanya julukan itu hanya pantas disematkan untuk Kepulauan Seribu saja. Di sana banyak sekali pilihan destinasi. Mulai dari wisata murah meriah di Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan, dan tentu saja ada juga wisata high class seperti terdapat di Pulau Putri, Pulau Bidadari dan Pulau Macan.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, ada beberapa opsi penyeberangan menggunakan kapal motor maupun speedboat untuk bisa tiba di sana. Paling mainstream dan hemat dapat melalui Pelabuhan Kali Adem yang masuk di dalam kawasan Muara Angke. Atau, jika Anda tak sabar dengan lamanya waktu perjalanan, dapat datang ke Dermaga Marina Ancol yang menyediakan kapal cepat ke area Pulau Seribu.

Bila Anda bersandar di Pulau Pari, tempat ini merupakan lokasi yang tepat untuk melihat keelokan sang fajar yang menyingsing dari ufuk barat, hingga tenggelam lagi ke dasar lautan saat sore hari. Maka tempat terbaik menyaksikan sunrise dan sunset adalah dari pantai Pasir Perawan, Pulau Pari.

Sudah jauh-jauh menyeberang, tentunya amat disayangkan apabila tidak melakukan snorkling di beberapa spot oke di area Pulau Seribu. Pasti pemandu wisata setempat mengetahui titik lokasi terbaik untuk anda berfoto dengan ikan nemo, atau ikan badut (clown fish).

6. Telaga Biru Cisoka Tangerang

Telaga Biru Cisoka TangerangTelaga Biru Cisoka Tangerang. (Foto: Instagram/swan_colect)

Ini dia salah satu lokasi wisata yang memang sedang ngehits di kalangan pengguna media sosial khususnya Instagram. Danau biru bekas lokasi pertambangan itu kini telah disulap menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi oleh warga Jababeka.

Salah satu daya tarik Telaga Biru adalah karena warna airnya bisa berubah-ubah sendiri. Masyarakat mengenal kubangan air ini dapat berganti warna sesuai sinaran matahari mulai dari hijau, biru, sampai biru toska.

Tak hanya menghasilkan foto menawan dari menapak tanah, wisatawan di sana juga dapat memanfaatkan keberadaan sampan yang siap mengantarkan para fotografer untuk menangkap angle lain dari permukaan telaga.

Untuk menghindari kemacetan arah Tangerang, Anda dapat memanfaatkan keberadaan commuter line dan turun di Stasiun Tiga Raksa. Selanjutnya, bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online maupun angkutan umum untuk menuju Telaga Biru Cisoka. []