Advertorial - Tak lama lagi kota kecil di Sumatera Utara, Pematangsiantar, akan menghelat sebuah festival paduan suara tingkat internasional, Inggou Victory Choir Festival. Festival ini akan dilaksanakan 9-12 Agustus 2018.

Bagi Kota Pematangsiantar, festival paduan suara tingkat internasional ini merupakan sejarah karena pertama kali digelar.

Pentas akbar ini diselenggarakan oleh kelompok paduan suara Inggou Victory GKPS dalam merayakan 10 tahun eksistensinya di kancah dunia tarik suara dan pengembangan karakter anak melalui seni.

Rangkaian pagelaran akan diisi dengan parade musik, workshop dan talkshow dengan para ahli paduan suara luar negeri, konser kolosal, meet the jury, festival paduan suara kategori anak, remaja, musik Sakral dan musik rakyat. Akan ada juga grand prix dan drama teatrikal sebagai puncak acara.

Para dewan juri berasal dari Filipina, Jepang, Malaysia, Singapura, Bandung dan Surabaya yang merupakan nama-nama besar dan berpengaruh di dunia musik secara global. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bermusik melalui workshop dan talkshow serta pada saat "Meet the Jury".

Inggou Victory Choir FestivalInggou Victory Choir Festival

Selama tiga hari berturut-turut, di Kota Pematangsiantar akan disuguhkan penampilan istimewa dari sekitar 30 peserta yang akan tampil menunjukkan kebolehan mereka masing-masing.

Para peserta ini adalah hasil seleksi yang lolos sesuai dengan keputusan dewan artistik.

Manajer artistik festival, Ritchie Asibal dari Filipina mengatakan ada empat jenis kategori yang diperlombakan yaitu children, teenages, musica sacra, dan folklore. Para peserta yang dinyatakan lolos berasal dari Sumatera Utara, Jakarta, Malaysia dan Filipina. Para juara dari masing-masing kategori akan dilaga kembali memperebutkan grand champion sebagai The Best of the Best.

Jadwal FestivalJadwal Festival

Direktur Festival Roynaldo H. Saragih mengungkapkan pentas akbar 10 tahun Inggou Victory ini diselenggarakan dengan menghadirkan banyak musisi papan atas dunia merupakan bentuk ungkapan terimakasih kepada masyarakat Pematangsiantar dan Sumatera Utara atas dukungan akan keberadaan Inggou Victory GKPS.

"Melalui kegiatan ini, kita berbagi kepada masyarakat luas tentang rasa dan pengalaman yang pernah dialami anak anak Ivory (singkatan Inggou Victory) ketika bertemu orang-orang hebat di dunia musik saat melakukan tur di luar negeri, kompetisi, festival, simposium maupun konser," kata Roynaldo.

"Kita juga bersyukur ada grup paduan suara dari luar negeri yang ikut berpartisipasi mengisi panggung akbar ini bersama dengan banyak paduan suara lokal dari daerah di Sumatera Utara. Hampir semua tim yang lolos adalah tim yang memiliki track record sang juara," tambah Roynaldo.

Menurut Roy, panggilan akrab Roynaldo, tujuan lainnya diadakannya festival paduan suara ini adalah melalui musik dan paduan suara dapat  mengalir membawa perdamaian dan kesatuan bagi banyak orang.

"Walau saya sendiri menyadari dan memaklumi masih banyak masyarakat tidak terbiasa dengan jenis musik paduan suara. Tetapi saya yakin bahwa jenis musik paduan suara adalah jenis musik yang dapat menjadi salah satu alat terapi mencerdaskan, menstimulasi otak untuk menganalisa secara sehat dan sistematis, menumbuhkan rasa kepekaan dan empati dan menciptakan disiplin bersosialisasi. Banyak hal dapat disampaikan dan dipelajari melalui paduan suara," ungkap Roy.
(Fet)