Jakarta, (Tagar 18/5/2018) - Kurma merupakan buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Sangat banyak jenis kurma di dunia ini, di Arab Saudi saja dikenal sekitar 400 jenis kurma, belum lagi jenis kurma di belahan negara lain seperti Irak, Tunisia, Mesir. Semua mempunyai cita rasa dan tekstur yang unik tergantung tanah dan kondisi alamnya.

Berikut 10 jenis kurma paling enak hingga membuatnya paling populer di dunia.

1.Thoory

Bukan di Arab Saudi, buah kurma yang disebut thoory ini sangat terkenal di Aljazair. Kurma ini juga bisa ditemui di Indonesia.

Bagaimana rupa buah ini? Biasanya kurma thoory ini kering dan berwarna cokelat kemerahan, namun saat diawetkan warnanya berubah menjadi kebiru-biruan dengan kulit yang sangat keriput.

Meski tak ada kacang di dalamnya, ketika dirasa ada rasa kacang pada kurma thoory. Kemudian dapat dipastikan rasanya manis, meski daging buahnya agak keras.

2.Khidri

Buah kurma khidri menjadi populer karena sangat sering dijadikan kurma olahan. Kurma olahan seperti apa? Kurma olahan yang pada umumnya diberi isian seperti cokelat, kacang almond, dan isian lainnya.

Warna khidri merah tua, dengan tekstur kenyal, rasanya pun tidak terlalu manis. Inilah yang menjadikan khidri dikombinasikan dengan isian untuk menambah cita rasa.

3.Amer Hajj

Buah kurma jenis Amer Hajj ini terkenal di Irak. Kurma Amer Hajj memiliki sebutan the visitor’s date. Kenapa disebut demikian? Ternyata karena masyarakat di Irak menjadikan kurma Amer Hajj sebagai kudapan bagi tamu yang berkunjung ke rumahnya.

Tentunya buah kurma Amer Hajj sangat disukai. Sebagai kudapan, kurma ini manis, dengan daging yang tebal, tekstur yang lembut, dan berkulit tipis.

4.Ajwa

Buah kurma ajwa populer dikalangan penggemarnya, karena disebut-sebut sebagai kurma nabi. Kurma ajwa ini pun kabarnya hanya tumbuh di Madinah.

Kurma ajwa berwarna hitam gelap menyerupai buah kismis, teksturnya lembut dengan rasa yang tak terlalu manis.

5.Zaghloul

Buah kurma zaghloul sekilas berbentuk panjang menyerupai melinjo, namun berwarna merah tua. Kurma yang biasa disajikan dengan sangat kering ini sangat populer di Mesir.

Kurma zaghloul ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga akan mengering ketika disantap. Dan ternyata, hal tersebut justru membuat kurma zaghloul menjadi sangat eksklusif di Mesir. Dengan eksklusifnya kurma zaghloul, untuk menyantapnya tentu harus merogoh kocek yang tak kecil, karena kurma ini terkenal sangat mahal.

6.Sekkeri

Jangan pandang buah kurma dari warnanya. Begitulah kurma sekkeri. Meski mempunyai warna cokelat gelap, dengan bentuk hampir bulat, namun daging pada buahnya begitu lembut ketika bersentuhan dengan lidah lidah.

Rasanya kurma Sekkeri pun tak diragukan, sudah pasti manis, dengan cita rasa yang khas. Dengan keunggulan yang dimilikinya, kurma sekkeri terkenal dengan harga yang tinggi dibanding harga kurma lainnya.

7.Mozafati

Buah kurma mozafati dijuluki kurma bam, tumbuh di Provinsi Kerman, Iran. Masyarakat setempat biasanya mengkonsumsi buah kurma mozafati secara langsung dalam keadaan masih segar.

Kurma mozafati berwarna gelap dengan ukuran sedang. Rasa kurma ini tentu saja manis dengan tekstur yang lembut di lidah.

Ternyata meski sering dikonsumsi langsung, kurma mozafati bisa awet sampai dua tahun apabila disimpan pada suhu minus lima derajat Celcius.

8.Deglet Noor

Buah kurma deglet noor terkenal sebagai varietas unggulan di Libya, Tunisia, Algeria, bahkan Amerika. Akan tetapi, cita rasa kurma ini tak terlalu manis dibanding dengan kurma lainnya.

Kurma ini berwarna kuning keemasan, dan dinamakan kurma deglet noor karena punya arti cahaya. Warna buah yang kuning keemasan tersebut dinilai menyerupai warna sinar matahari.

9.Sekki

Lagi-lagi buah kurma yang tak memiliki rasa yang terlalu manis banyak digemari masyarakat. Seperti buah kurma sekki.

Kurma sekki memiliki warna unik, yaitu kekuningan di bagian atas dan kecoklatan dibagian bawah kurma. Daging dengan warna kekuningan, memiliki tekstur yang lebih keras, dan warna kecoklatan memiliki tekstur empuk nan kenyal ketika dikonsumsi.

10.Khalasah

Buah kurma khalasah populer di Arab Saudi. Untuk mencarinya, cukup pergi ke Huffuf dan Qatif di bagian timur Arab Saudi karena banyak tumbuh subur di daerah sana.

Nah, dari 10 buah kurma tersebut, manakah kurma yang jadi favorit kamu? ()Kurma yang sering disebut khlas ini cukup disukai warga dunia, karena memiliki tingkat kemanisan yang tidak terlalu tinggi dibanding dengan kurma lainnya.

Nah, dari 10 buah kurma tersebut, manakah kurma yang jadi favorit kamu? (nhn)