Balige, (Tagar 15/3/2019) - Rohani Tampubolon, 65 tahun, tak pernah menyangka kalau warung kopinya akan disinggahi seorang presiden. Ia seperti bermimpi ketika seorang Joko Widodo, Presiden RI, mampir dan menikmati kopi di warungnya, Kamis (14/3) malam.

Rohani mengaku sangat terharu dengan kunjungan Presiden Jokowi tersebut.

Disambangi Tagar News di sela liputan kunjungan Presiden Jokowi, Jumat (15/3), Rohani berkisah tentang usaha Kedai Kopi Partungkoan, kedai kopi yang sudah dirintis turun-temurun oleh keluarga Siahaan.

Diceritakan, usaha itu dimulai dengan gilingan kopi digerakkan kincir air di daerah aliran sungai Aek Alian di Desa Uma Rihit Balige II, Kecamatan Balige, Tobasa.

Bahan baku kopi jenis robusta didatangkan dari petani kopi Kecamatan Parsoburan, Toba Samosir.

"Kala itu hasil bubuk kopi itu dipakai mertuaku untuk dijual sendiri di warung kopi ini. Dahulu warung masih berdinding papan. Baru pada tahun 1965 warung Partungkoan dibangun dengan desain bangunan seperti sekarang," ungkap Rohani.

Baca Juga: Ribuan Warga Balige Tumpah ke Jalan Sambut Jokowi

Dikisahkannya, usaha kecil itu dimulai sejak tahun 1954 dari mertuanya bernama Wasil Siahaan/br Hutabarat. Sesudah meninggal pada tahun 2012 dilanjutkan suaminya Tumpak Siahaan.

Dan sekarang usaha itu sudah berekspansi mendirikan pabrik kopi bernama Bubuk Kopi Cap Partungkoan.

Rohani TampubolonRohani Tampubolon dan Kopi Bubuk Partungkoan (Foto: Tagar/Jumpa Manullang)

Setelah suaminya meninggal tahun 2011, usaha pabrik kopi itu diserahkan kepada anaknya paling bungsu Joy Siahaan, yang beristrikan Tiarma Sianturi. Sementara Warung Kopi Partungkoan langsung dikelola sendiri oleh Rohani Tampubolon.

Disinggung kopi yang disuguhkan kepada rombongan Presiden Joko Widodo yang sudah viral di media massa, terang Rohani tetap pada kopi khas yang dijual setiap harinya. Kopi bubuk cap Partungkoan ternyata diapresiasi Presiden Joko Widodo.

"Mantul, mantap betul, ucap bapak Presiden setelah cicipi kopi ini," cerita Rohani.

Saat kehadiran presiden diungkapkan Rohani, ribuan masyarakat melebur menyapa Jokowi. Dalam pertemuan itu masyarakat meminta presiden agar memberi perhatian ke Toba Samosir.

"Saya berjanji akan mendengarkan aspirasi masyarakat Balige dengan pengembangan usaha kecil menengah," ungkap Rohani meniru ungkapan Jokowi kepada masyarakat Balige.

Dijelaskan, bahwa pribadi Presiden Jokowi itu sangat alami dan sederhana.

Bubuk Kopi PartungkoanBubuk Kopi Partungkoan (Foto: Tagar/Jumpa Manullang)

"Memang betul-betul merakyatlah bapak Presiden Jokowi. Paling bangga kita melihat bapak itu," ujar Rohani.

"Kami semalam sudah sepakat dengan ribuan masyarakat Tobasa sudah berikrar harus memilih dan memenangkan Pak Jokowi. Pasti menang," tutup Rohani. []

Baca juga: Sejak Dikunjungi Jokowi, Warung ini Dikenal Sebagai Warung Kopi Jokowi