Jakarta, (Tagar 19/3/2019) - Kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2019 diikuti dua calon presiden, yakni Joko Widodo atau Jokowi sebagai kandidat nomor urut 01 dan Prabowo Subianto sebagai kandidat nomor urut 02. Keduanya diketahui sama-sama memiliki binatang peliharaan kesayangan.

Kepada media, dua calon presiden itu pernah memperlihatkan berbagai hewan yang dipelihara masing-masing. Berbagai alasan juga diungkap oleh dua putra terbaik bangsa tersebut memilih untuk memelihara binatang kesayangan.

Jokowi

1. Katak dan Kecebong

Pria asal Solo ini diketahui suka sekali memelihara banyak katak dan kecebong. Hobi unik tersebut diakui Jokowi telah dilakukan sejak lama. Ribuan kecebong dia pelihara sampai tumbuh menjadi katak. Saat memasuki musim penghujan, ia akan mendengarkan katak-katak itu bernyanyi.

2. Kambing

Capres petahana Joko Widodo juga diketahui memelihara kambing di lingkungan Istana Bogor. Saat ini, jumlah kambing peliharaan Jokowi telah mencapai belasan ekor, dari semula hanya berjumlah 7 ekor. Kambing-kambing tersebut dipelihara dalam kandang-kandang khusus, sehingga kebersihan dan kesehatannya terawat.

3. Ikan

Di Istana Bogor, Jokowi juga memelihara beberapa jenis ikan. Uniknya, ikan-ikan tersebut dibiarkan hidup dan tumbuh di saluran air yang membelah area istana. Berbagai jenis ikan mulai dari lele, koi, mujair hingga ikan mas juga dipelihara mantan wali kota Solo itu di kolam Istana.

4. Burung

Burung juga merupakan jenis binatang peliharaan Jokowi. Di Istana Bogor, ia memelihara beberapa jenis burung termasuk di antaranya burung merpati. Burung-burung tersebut ia beli di pasar burung Pramuka, kala Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta tahun 2016 silam.

5. Angsa

Selain Ikan, kolam Istana Bogor juga dihiasi angsa-angsa berbulu indah peliharaan Jokowi. Kakek dari Jan Ethes dan Sedah Mirah itu diketahui memiliki belasan unggas berleher panjang jenis angsa dan entok. Binatang peliharaannya tersebut kerap dibebas liarkan di halaman Istana Bogor.

6. Kuda

Binatang peliharaan Jokowi yang ada di Istana Bogor lain adalah kuda. Dalam salah satu video blognya, presiden ke-7 ini pernah memperlihatkan dua ekor kuda miliknya. Kuda-kuda tersebut masing-masing diberi nama unik, yakni Sandalwood dan Radabolo.

Prabowo

PrabowoPrabowo dan sapi peliharaannya. (Foto: Facebook/Prabowo Subianto)

1. Kuda

Tak hanya Jokowi yang gemar memelihara kuda. Calon presiden Prabowo Subianto juga telah diketahui sebagai penggemar berat kuda balap. Beberapa dari kuda-kuda milik mantan Danjen Kopassus itu ada yang didatangkan langsung dari Portugal. Harganya juga terbilang fantastis, berkisar antara 3-5 miliar rupiah per ekor. Kuda-kuda tersebut dirawat dengan baik di peternakan pribadi milik Prabowo Subianto.

2. Kambing

Selain peternakan kuda, Prabowo juga diketahui memiliki peternakan yang berisi ratusan kambing. Menurut beberapa sumber, Prabowo diketahui sudah gemar beternak kambing sejak tahun 2007.

3. Sapi

Gemar beternak hewan, Prabowo juga memiliki peternakan sapi yang ia mulai sejak tahun 2014. Peternakan berisi sapi pedaging dan sapi perah. Kabarnya, jumlah sapi milik Prabowo Subianto telah hampir mencapai seratus ekor.

4. Kucing

Tidak banyak yang tahu kalau Prabowo juga memiliki kucing lucu peliharaan di kediamannya. Kucing bernama Bobby itu kerap muncul dalam postingan media sosial pendiri Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu. []

Baca juga: