Jakarta, (Tagar 8/7/2018) - Akhir pekan kali ini Presiden Joko Widodo dan sang cucu Jan Ethes Srinarendra jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk melihat burung. Mereka juga main tinju dan bola. 

Di TMII, Jokowi memperkenalkan berbagai spesies burung pada Jan Ethes 

"Sambil menuntun Jan Ethes, Presiden melihat dan memperkenalkan berbagai jenis burung kepada cucunya. Pertama, Presiden melihat kubah barat yang berisi burung-burung dari Indonesia bagian barat, yaitu asal Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali antara lain, burung merak, beo, putih, enggang, elang, dan jalak bali," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (8/7), dilansir Antara.

Presiden Joko Widodo dan Jan Ethes mengunjungi TMII pada Minggu (8/7) bersama dengan Ibu Iriana Joko Widodo serta kedua orang tua Jan Ethes, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda.

Baca juga: Ngabuburit di Dufan, Akhir Pekan Indah Jokowi-Jan Ethes

Tiba di TMII sekitar pukul 10.45 Wib, Presiden dan keluarga langsung menuju Taman Burung. Masyarakat yang melihat kedatangan Kepala Negara tampak antusias untuk bersalaman dan berswafoto bersama.

Setelah melihat-lihat kubah barat, rombongan lalu beranjak ke kubah timur yaitu tempat burung-burung asal Sulawesi, Maluku dan Papua, seperti burung Cendrawasih, Kasuari, Dara Mahkota, Nuri dan Maleo.

Presiden pun sempat mengajak cucunya untuk berfoto dan berinteraksi dengan burung kakatua.

Taman Burung seluas enam hektare itu terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII.

Koleksi burung yang ada di Taman Burung merupakan yang terlengkap di Indonesia, terdiri dari 175 jenis dengan jumlah mencapai ribuan ekor.

Jokowi - Jan EthesPresiden Joko Widodo memperkenalkan spesies burung pada Jan Ethes Narendra di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu 8/7/2018. (Foto: Biro Pers Setpres)

Selepas melihat burung, Presiden kemudian mengajak cucunya untuk naik kereta gantung. Presiden dan keluarga naik dari stasiun B yang terletak di seberang anjungan Papua, dekat dengan Taman Burung.

Presiden, Ibu Negara, Gibran, Selvi, dan Jan Ethes naik dalam satu kereta. Jan Ethes terlihat duduk dengan tenang di pangkuan kakeknya.

Dari atas kereta gantung, Presiden menunjukkan kepada cucu pertamanya itu miniatur pulau-pulau Indonesia. Setelah sekitar 10 menit, kereta gantung Presiden tiba di stasiun A.

Presiden dan keluarga kemudian turun dan langsung menuju salah satu rumah makan di sekitar kawasan TMII untuk bersantap siang bersama.

Main tinju

Akhir pekan Jokowi-Jan Ethes semakin sempurna dengan permainan olahraga tinju dan bola.

Dalam video berjudul Ngajak Jan Ethes Olahraga yang dimuat di laman #JKWVLOG di Youtube, Presiden Jokowi tampak mengenakan tim nasional sepak bola RI warna merah dengan garuda di dada sebelah kiri. Ia duduk berdampingan dengan Jan Ethes.

"Akhir pekan ini saya berolahraga, biasanya ditemani oleh Paspampres, ajudan, tetapi akhir pekan ini olahraga saya ditemani oleh orang spesial. Namanya Jan Ethes, nih," kata Presiden sambil menunjuk hidung mungil Jan Ethes.

Presiden Joko Widodo memegang bola sepak warna putih bergaris merah dengan tulisan INDONESIA yang juga berwarna merah. Jan Ethes mengenakan dua kostum dalam video tersebut. Kostum pertama adalah baju bola warna merah dengan garis kuning di bagian lengan yang di bagian dadanya bertuliskan Marvel sedangkan di bagian punggung bertuliskan Stark.

Sementara kostum kedua adalah kaus lengan panjang bertuliskan Mommy's Wingman warna biru dipadu dengan celana pendek.

"Dan saya akan main tinju," ungkap Presiden.

Lalu Presiden memakaikan sarung tangan tinju warna hitam kepada Jan Ethes, sedangkan ia sendiri mengenakan sarung tinju warna merah.

Jan Ethes tampak mengayunkan tangannya yang dibalut sarung tinju yang agak kebesaran ke atas seraya berkata "dududu dududu" dengan membelakangi Presiden Joko Widodo.

Sementara Presiden di belakang berjongkok dan tampak mengikuti gerangan Jan Ethes mengayun-ngayunkan tinjunya.

Sesudah bermain tinju, Presiden tampak menyuapkan pisang pada Jan Ethes, dan Ethes pun melahap pisang tersebut.

Baca juga: Lebaran Hari Keempat Jokowi Momong Cucu, Memancing Kodok di Mal

Olahraga kedua yang mereka mainkan adalah sepak bola.

"Bola," kata Jan Ethes.

"Iya, Ayo main bola, " balas Presiden.

"Oke," jawab Jan Ethes.

"Oke, main bola, oke. Ayo main bola, main bola," kata Presiden.

"Bola," balas Jan Ethes ceria dan kemudian berlari meninggalkan mbahnya itu.

Jan Ethes lalu menendang bola plastik merah ke arah Presiden dan juga melemparkannya ke berbagai arah. Meski sempat terjatuh sekali, namun Ethes tidak menangis dan tetap tenang.

Ia beberapa kali mencoba menaikkan celana pendeknya namun tidak berhasil sehingga Presiden pun memperbaiki posisi celana Ethes.

"Sekitar satu jam saya bermain olahraga dengan Jan Ethes. Saya sudah capek, tapi ini belum. Hehehe. Belum capek? Hehehe," kata Presiden.

Tidak lupa Presiden memberikan pesan untuk penyelenggaran Asian Games 2018.

"Sebentar lagi kita akan menghadapi event besar Asian Games 2018 dan kita ingin event ini sukses, sukses persiapannya, sukses penyelenggarannya dan sukses prestasinya. Sukseskan Asian Games 2018," tegas Presiden. (af)