Jakarta, (Tagar 14/3/2019) - Tidak hanya mahasiswa biasa yang serius kuliah, bahkan beberapa artis juga memiliki keinginan untuk bersaing di perguruan tinggi bergengsi di luar negeri. Bukan hanya biar dikenal meraih pendidikan terbaik, memang mereka berjuang keras untuk mendapatkan gelar terbaik.

Beberapa artis menganggap bahwa pendidikan itu sangat bagus, sehingga mereka harus memberanikan diri untuk mencapai gelar sarjana bahkan master di luar negeri. Hal itu menunjukkan bahwa wanita-wanita muda Indonesia tidak mau kalah saing. 

Berikut empat artis wanita muda yang telah meraih gelar sarjana bahkan master di kampus bergengsi di luar negeri:

1. Cinta Laura Kiehl

Cinta LauraCinta Laura Kiehl. (Foto: Instagram/Cinta Laura Kiehl)

Gadis cantik, Cinta Laura menunjukkan prestasinya bukan hanya di depan kamera, namun juga di bangku kuliah. Aktris sekaligus penyanyi asal Indonesia itu belum lama ini berhasil lulus dari dua jurusan sekaligus dalam tiga tahun belajar.

Lulus dengan nilai terbaik, 3,9 dari kampus Ivy league di Amerika Serikat, jurusan Psikologi dan Sastra Jerman membuat banyak orang ternganga dengan prestasinya itu. Dia juga mendapat gelar kehormatan dengan predikat Cum Laude.

Padahal dirinya disibukkan syuting, dia tidak menyangka bisa lulus dalam waktu 3 tahun dengan nilai terbaik dan langsung meraih dua gelar sekaligus. Itu semua tidak lepas dari karakter dirinya yang memiliki tekad yang kuat dalam meraih sesuatu.

“Aku satu-satunya diwisuda hari ini yang lulus cum laude dalam waktu 3 tahun, yang lain ada juga yang cum laude tapi 4 tahun,” tutur Cinta.

Meski pendidikannya di AS sudah selesai, artis yang selama kuliah jadi asisten dosen psikologi, Prof Herbert Terrace ini tidak akan segera kembali ke Tanah Air.

Penyanyi blesteran Indonesia-Jerman itu akan melanjjutkan kariernya di Hollywood dan mendapatkan undangan untuk mengajukan beasiswa Marshall and Rhodes di Universitas Oxford Inggris, beasiswa yang pernah dimenangkan mantan presiden AS Bill Clinton.

“Sejak aku dapat tawaran untuk jadi Rhodes scholar, aku jadi bingung. Aku kurang tahu mau jadi artis, akademisi atau pebisnis. Karena jadi Rhodes scholar itu kesempatan yang besar sekali. Tapi aku yakin 99 persen akan pindah dari New York ke Los Angeles bulan Agustus ini karena sudah punya agen di situ dan aku akan merintis karier film. Doakan ya, mudah-mudahan aku nggak hanya bisa jadi orang pintar saja tapi jadi aktris internasional,” katanya.

Yang jelas sebelum pindah ke Los Angeles, Cinta akan singgah ke Indonesia dulu untuk menghadiri premier film Hollywood pertamanya After the Dark, di Jakarta, ujar Cinta, dikutip dari VOA.

2. Maudy Ayunda

Maudy AyundaMaudy Ayunda. (Foto: Instagram/Maudy Ayunda)

Gadis muda dan cantik, Ayunda Faza Maudya tidak hanya ingin tampil menyumbangkan suara merdunya, namun dia juga ingin tampil dengan prestasi dalam dunia pendidikan. Sebelumnya pelantun Perahu Kertas ini pernah diterima di salah satu Universitas Inggris, Universitas Columbia dan Oxford University.

Dengan berbagai pertimbangan Maudy Ayunda akhirnya memilih Oxford University. Dia pun berhasil lulus dari universitas bergengsi itu, dan kini gadis yang lahir 24 tahun silam telah diterima di universitas paling bergengsi pula, yaitu Universitas Harvard untuk melanjutkan pendidikan masternya.

3. Gita Gutawa

Gita GutawaGita Gutawa. (Foto: Instagram/Gita Gutawa)

Muda, cantik, berbakat, dan cerdas. Itulah deskripsi yang cocok untuk Gita Gutawa. Bagaimana tidak hal itu bisa disabet dalam waktu yang bersamaan. Selain menjalankan peran sebagai penyanyi dia juga harus membagi waktunya untuk belajar.

Perjuangannya di negeri orang tidak tanggung-tanggung, karena dia harus menyelesaikan pendidikan gelar masternya dalam waktu satu tahun di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris dengan beasiswa.

Dan pada akhirnya kabar kelulusan pun datang dari wanita putri dari komposer Erwin Gutawa. Kebahagiaanya itu pun terlihat dari unggahan foto-foto di akun Instagramnya yang memperlihatkan senyum manisnya saat prosesi wisuda.

Dari foto-foto tersebut, sangat terlihat bagaimana kegembiraan Gita yang telah berhasil merampungkan kuliahnya di universitas impiannya. Namun, ternyata kegembiraan dan kepuasan Gita telah merampungkan kuliahnya tak sampai di situ saja. Satu minggu setelah foto-foto tersebut diunggah, ia mengunggah sebuah video. Video tersebut berisi momen wisudanya saat itu. Dalam keterangannya Gita menuliskan:

“The biggest highlight of my 2015. Alhamdulillah, I made one of my dreams came true - sekolah yang lancar sampe S2. Berharap satu per satu mimpi ku yang lain bisa terwujud. Dan semoga tahun yang baru ini bisa memberikan lebih banyak kesempatan baru, pengalaman baru, dan pelajaran baru. Bismillah. #mybestmoment2015 #grateful #LSE #LPDP”

Dari keterangan tersebut kita jadi tahu bahwa Gita Gutawa menyelesaikan studi S2-nya tersebut dengan beasiswa LPDP. Hal ini mungkin tak banyak orang yang tahu. Tapi tentunya hal ini menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Benar-benar bisa jadi inspirasi buat anak muda zaman sekarang.

4. Tasya Kamila

Tasya KamilaTasya Kamila. (Foto: Instagram/Tasya Kamila)

Pemilik nama lengkap Shafa Tasya Kamila atau akrab disapa Tasya  mulai karier di dunia hiburan sejak masih duduk di bangku taman kanak-kanak, mulai dari menyanyi hingga membintangi iklan.

Gadis yang lahir di Jakarta, 22 November 1992 itu pun menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2010 dan melanjutkan studinya di Columbia University, New York pada tahun 2016 dan lulus tahun di 2018 dengan nilai yang memuaskan.

Penyanyi cilik Anak Gembala, Tasya Kamila meraih gelar Master of Public Administration di Columbia University, New York, AS.

Memang mengenyam pendidikan di negeri orang bukanlah hal yang mudah, banyak tekanan hingga mengalami depresi, namun penyanyi Tasya Kamila menjalani semuanya dengan enjoy saja.

"Yang penting enjoy aja selama kuliah, jangan sampai dibawa stres," kata mantan penyanyi cilik itu saat ditemui di Studio TransTV, Mampang, Jakarta Selatan. []

Baca juga: