Jakarta, (Tagar 11/2/2019) - Banyak orang yang mengetahui, Korea Selatan salah satu negara yang menerapkan kebijakan program wajib militer (wamil). Siapapun wajib mengikuti peraturan ini, tak terkecuali artis sekalipun.

Wajib militer atau wamil, kebijakan pemerintah yang mewajibkan warga negara di usia 18 sampai dengan 35 tahun untuk mengikuti pendidikan militer.

Tujuannya, untuk meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan. Selain itu, memiliki tujuan menjadikan seluruh warga negara sebagai tentara cadangan, agar siap bergerak menjaga keamanan dan membela tanah air bila dibutuhkan.

Sebagai negara yang rentan akan konflik, Korea Selatan mewajibkan rakyatnya untuk ikut program wajib militer. Jangka waktu wamil yang diberlakukan bervariasi, tergantung pada kebijakan angkatan militer.

Lee Min HoLee Min Ho saat menjalani pelatihan wajib militer, bocor ke dunia maya. (Foto: Soompi)

Durasi selama 21 bulan diberlakukan di Angkatan Darat. Sedangkan Angkatan Laut dan Angkatan Udara memberikan waktu sampai dengan 24 bulan. 

Seluruh laki-laki berusia 19 tahun sampai dengan 35 tahun diharuskan untuk masuk militer. Termasuk selebritas seperti artis K-pop, aktor, maupun anggota boyband sekalipun.

Meski wajib mengikuti program wamil, artis-artis terkenal dari Korea Selatan mendapat keistimewaan khusus untuk bisa menunda masa wamil. Meskipun jika menolak, hukuman berupa penahanan di balik jeruji besi siap menanti.

Adalah Lee Minho, salah satu aktor tampan Korea Selatan yang saat ini tengah menjalani program wajib militer. Bertugas sebagai pelayan publik di Kantor Distrik Gangnam dan di Pusat Kesejahteraan Sosial di Suseo, Minho akan menyelesaikan wamilnya pada 25 April 2019 mendatang.

Lee Min Ho tidak bertugas sebagai personel pasukan khusus, seperti kebanyakan selebritas lain yang menjalani wamil. Hal tersebut dikarenakan cidera kaki yang dialami Minho akibat kecelakaan mobil, sehingga kakinya musti dipasang alat khusus.

Bintang drama Boys Before Flowers dan The Heirs itu, mengawali program wamilnya sejak Mei 2017 lalu. Pada pertengahan Maret 2018, Minho menjalani pelatihan dasar militer di dalam kamp, selama empat minggu.

Saat itu, foto sang aktor yang sedang menjalani kegiatan pelatihan militer-nya itu, tersebar ke dunia maya. Minho tampak mengenakan seragam militer lengkap, berpose bersama rekan-rekannya yang sedang menjalani wamil.

Sebelum foto tersebut menyebar ke publik, seorang warganet dengan akun instagram @iron_man1101, juga pernah membocorkan perilaku Minho selama menjalani program wamil, di Social Work Training Center, wilayah Chongcheungbuk-do.

Sang pemilik akun yang merupakan kawan Minho selama masa training, membeberkan pengalamannya berkegiatan bersama selama 4 hari 5 malam dengan Lee Min Ho.

Dia mengaku terkejut, dengan keramahan Minho yang kerap melakukan interaksi seperti biasa. Menurutnya, Aktor pemeran tokoh Goo Jun Pyo itu tetap tampil mempesona meski berada diluar sorot kamera.

Pemilik akun @iron_man1101 kemudian memberi kesaksian atas kerendahan hati Lee Min Ho. Bahkan Minho dengan senang hati memberikan tanda tangan disebuah kertas dan topi sebagai hadiah kepadanya. Hal yang sudah pasti membuat fas Minho (Minoz) di seluruh belahan dunia, merasa iri. []