Jakarta, (Tagar 18/6/2018) - Presiden Joko Widodo menghabiskan libur Lebaran 2018 dengan memomong cucunya, Jan Ethes Srinarenda di salah satu pusat perbelanjaan atau mal di kota Bogor, Jawa Barat. Satu di antara wahana buat mereka bermain adalah Froggy, permainan memancing kodok.

"Kali ini Presiden mengajak cucu pertamanya tersebut untuk bermain berbagai wahana permainan anak di Transmart Yasmin, kota Bogor," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (18/6), dilansir Antara.

Presiden bersama kedua orang tua Jan Ethes, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda tiba di Transmart Yasmin pada Senin (18/6) sekitar pukul 11.31 Wib.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam itu menggendong Jan Ethes yang mengenakan kemeja kotak-kotak berwarna hitam-cokelat-putih dan celana cokelat serta tas merah. Rombongan langsung menuju wahana permainan anak.

Kedatangan kepala negara itu pun sontak membuat seisi pusat perbelanjaan menjadi lebih ramai.

Masyarakat yang hadir tampak antusias untuk bersalaman dan berswafoto dengan Presiden.

Wahana permainan pertama yang dituju Presiden adalah Mini Train. Jan Ethes duduk dipangku kakeknya mengendarai kereta berwarna merah-kuning-hijau tersebut.

Selesai bermain kereta, Presiden kemudian mengajak sang cucu bermain bumper car. Dengan cekatan Presiden mengemudikan mobil-mobilan sambil memegang cucunya erat-erat.

Setelah sekitar 20 menit bermain bumper car, Presiden menuju wahana street basketball. Di sana Presiden dan Jan Ethes bergantian mencoba memasukkan bola ke dalam keranjang.

Wahana selanjutnya yang dikunjungi adalah Sky Rider, yaitu komidi putar dengan tumpangan berbentuk pesawat terbang.

Selesai bermain dari wahana Sky Rider, Presiden mengajak Jan Ethes bermain pancing kodok di wahana Froggy.

Setelah selesai, Presiden dan keluarga pun meninggalkan Transmart pada pukul 13.05 Wib.

Waktu Luang

Di antara agenda kerja yang padat, Presiden Joko Widodo saat ada waktu luang terutama pada akhir pekan cukup sering bermain dengan cucunya itu. 

Seperti pada Sabtu (2/6) Presiden Joko Widodo momong cucunya, Jan Ethes, ngabuburit dan bermain di tempat hiburan Dunia Fantasi (Dufan) Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

"Tadi sore hari pas kosong diajak main ke sini. Biar tahu aja," ujar Presiden Jokowi seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu (2/6).

Baca juga: Ngabuburit di Dufan, Akhir Pekan Indah Jokowi-Jan Ethes

Sambil menggendong Jan Ethes, Presiden menuju wahana permainan pertama, yaitu Turangga Rangga sekitar pukul 16.00 Wib. Wahana ini adalah sebuah komedi putar dilengkapi 40 kuda tunggangan serta dihiasi ribuan lampu.

Presiden mengenakan kemeja putih, celana hitam dan sepatu kets merah, duduk menggendong cucunya. Mereka melambaikan tangan dan tersenyum kepada masyarakat yang menyapanya. Tak sedikit pula masyarakat yang meminta swafoto dengan Kepala Negara.

Selesai bermain komidi putar, Presiden kemudian mengajak cucunya masuk wahana Istana Boneka sekitar pukul 16.20 Wib. Setelah keluar dari Istana Boneka, Presiden kemudian menuju Dream Playground pada 16.54 Wib.

Dream Playground merupakan wahana permainan anak terbesar di Indonesia. Dengan luas 900 meter persegi, wahana ini dilengkapi berbagai fasilitas di antaranya trampoline, soft play toys, wall climbing, futsal games, play panel, sand pool, sliding ride, block puzzle, education toys dan mini rides. (af)