Jakarta, (Tagar 12/1/2019) - Beberapa orang berpikir bahwa mengunjungi gunung berapi yang masih aktif merupakan ide yang buruk. Kawah yang bergejolak dan kesunyian adalah kombinasi yang bakal membuat berimajinasi langsung mengarah ke hal yang bukan-bukan.

Tapi seperti dilansir dari National Geographic, ada beberapa dari 1.500 gunung berapi aktif di dunia yang layak untuk kamu kunjungi. Paling tidak ada 5 gunung berapi aktif yang tercatat sebagai terindah di dunia, versi NatGeo. Apa saja? Yuk simak daftarnya.

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Kalau yang pasti ini sudah familiar kan? Gunung berapi yang masih aktif dan sudah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing di Jawa Timur. Di sini bisa menikmati indahnya pemandangan gunung berapi yang terletak di tengah-tengah lautan pasir yang luas, sunrise yang indah, atau mengendarai kuda di atas lautan pasir yang membentang.

Selain itu, bisa mengunjungi saat bulan kesepuluhan penanggalan Jawa, di malam purnama, dimana masyarakat Tengger mengadakan upacara Kasada.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Banyak spot-spot yang terkenal indahnya. Contohnya Oro-oro Ombo, Danau Ranu Kumbolo dan Kalimati.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang cukup aktif di Pulau Jawa dan sempat mengalami erupsi di tahun 2012.

Hingga saat ini erupsi Gunung Semeru memang tidak sampai mengakibatkan kerusakan parah, namun warga setempat diminta mewaspadai lahar hujan, atau aliran material dari puncak gunung yang turun terbawa aliran hujan.

Selain itu, Gunung Semeru juga mengeluarkan asap beracun yang bisa membahayakan keselamatan para pendaki. Pernah dengar nama Soe Hok Gie? Aktivis mahasiswa di tahun 70-an itu konon meninggal setelah menghirup asap beracun ketika mendaki Mahameru.

Kalo kamu tidak tertarik mendaki puncak Semeru, maka pemandangan di lerengnya mungkin akan membuat kamu jatuh cinta. Ada beberapa titik di lereng Semeru yang menyajikan panorama menakjubkan, seperti Watu Rejeng dengan lembah dan bukit-bukit yang berjajar bak lukisan.

Sebelum sampai ke Watu Rejeng akan melewati sebuah bukit yang ditumbuhi banyak sekali bunga edelweiss. Sesudah itu ada danau legendaris Ranu Kumbolo yang menjadi shelter buat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Mahameru.

Air yang jernih, udara yang sejuk, hanya terdengar suara angin dan satwa di kejauhan pasti membuat kamu betah berlama-lama disini. Ranu Kumbolo juga dikenal menyimpan misteri, jadi jaga kelakuan kamu selama berada disini.

3. Gunung Prau, Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dikenal sebagai objek wisata dengan julukan “Negeri di Atas Awan”. Bentang alam dataran tinggi ini sangat indah, salah satunya adalah Gunung Prau yang merupakan puncak tertinggi dalam barisan pegunungan di Dataran Tinggi Dieng.

Gunung Prau menyajikan pemandangan matahari terbit terbaik, bahkan konon merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Gunung ini memiliki hamparan padang rumput luas di puncaknya dimana kita bisa menyaksikan bukit-bukit yang berjejer yang disebut Bukit Teletubbies. Gunung ini berketinggian sekitar 2.565 mdpl dengan track pendakian yang relatif mudah sehingga tidak menyulitkan para pendaki yang hendak mendaki.

4. Gunung Patuha

Gunung yang memiliki panorama alam indah dan wajib untuk dikunjungi para pendaki adalah Gunung Patuha. Meski tidak terlalu populer, namun gunung ini memiliki sebuah kawah yang sudah sangat terkenal bahkan melebihi kepopuleran gunung ini sendiri.

Kawah Putih yang ternyata adalah bagian dari Gunung Patuha. Gunung yang terletak di Jawa Barat ini memang magnet utamanya adalah Kawah Putih dengan air danaunya yang berwarna biru toska dengan kabut belerang tipis yang menghasilkan pemandangan spektakuler yang eksotik.

5. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung yang memiliki keindahan spektakuler lain adalah Gunung Ijen. Gunung yang terletak di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl.

Keistimewaan Gunung Ijen adalah pemandangan api biru, sebuah fenomena keindahan alam yang sangat langka dan hanya ada dua di dunia dimana salah satunya berada di Gunung Ijen ini. 

Api biru tersebut muncul berkat cairan belerang yang ditambang dengan cara tradisional oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Ijen. Pemandangan indah di Gunung Ijen paling bagus disaksikan saat dini hari dengan cahaya api biru yang bersinar cemerlang.

Nah, itu adalah 5 gunung cantik yang wajib dikunjungi para  penyuka keindahan alam dan memiliki hobi mendaki. Selamat menjelajahi keindahan negeri ini dari puncak-puncak menakjubkan gunung-gunung tersebut ya! []