Jakarta - "Pernyataan dan sikap politiknya sering aku tidak sukai. Tetapi melihat foto di bawah ini aku mengagumi kepribadianmu. SBY meninggalkan hiruk-pikuk pileg dan pilpres, lebih memilih mendampingi istri di rumah sakit untuk menjalani proses pengobatan kanker."

Demikian pengantar dari tulisan Petrus Hariyanto, Sekretaris Jenderal Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) dalam statusnya di Facebook, Jumat 17 Mei 2019. Ia kagum kepada mantan Presiden RI tersebut yang meninggalkan politik dan tetap setia mendampingi istrinya Ani Yudhoyono selama berobat di Singapura.   

Petrus tahu betul apa yang dirasakan Ani Yudhoyono sebagai pasien yang butuh pendampingan dari orang-orang yang dicintainya. Sudah lebih dari lima tahun Petrus menjadi pasien cuci darah. Dalam bukunya "Jiwa-jiwa bermesin, Memoar Para Pasien Cuci Darah", Petrus bercerita bagaimana orang-orang seperti dirinya dan banyak pasien yang lain bisa bertahan hidup karena tetap didampingi orang-orang yang mereka cintai.

Baca juga: Andi Arief Bandingkan AHY dengan Anies Baswedan

Kesetiaan kepada sang istri, itulah teladan yang ditangkap Petrus melihat foto-foto SBY yang banyak beredar di media sosial.    

SBYSBY yang tetap setia mendampingi istrinya dalam perawatan di Singapura. (Foto: Facebook)

"Apa yang dilakukan SBY sebagai suami tentu saja akan sangat membantu Bu Ani. Orang sakit seperti Bu Ani akan sangat membutuhkan dukungan orang-orang yang dicintainya, tidak melulu semata medis," sambung Petrus dalam tulisannya.

Ia menambahkan pasangan hidup akan teruji kesetiaan dan cintanya menghadapi situasi seperti ini. SBY telah memilih di samping Ibu Ani daripada mendampingi Partai Demokrat dalam ajang pemilu kali ini.

SBYSBY yang tetap setia mendampingi istrinya dalam perawatan di Singapura. (Foto: Facebook)

"Foto ini akan memberi semangat dan spirit bagi suami atau istri yang saat ini mendampingi pasangannya yang sedang tertimpa sakit berkepanjangan. Semoga para pendamping memperoleh energi baru dari teladan ini," tutup Petrus dalam statusnya seraya memasukkan beberapa foto SBY bersama Ani Yudhoyono. 

SBYSBY yang tetap setia mendampingi istrinya dalam perawatan di Singapura. (Foto: Facebook)

[]