Maros - Pada hari pencoblosan pemilu 17 April 2019 akan ada kejutan buat pemilik nama yang sama dengan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kejutan itu dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kejutannya adalah gratis mengunjungi wisata alam Bantimurung pada 17 April 2019 bagi pemilik nama Joko, Widodo, Prabowo, Bowo, Sandi, Amin, dan Ma’ruf.

Kita lihat tingginya peserta golput. Sebagai unsur pemerintah, Dinas Pariwisata Maros mencoba melakukan perangsangan partisipasi pemilih.

Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Maros, Nuryadi mengatakan langkah pemberian akses gratis bagi pemilik nama serupa kandidat presiden dan wakil presiden ini sebagai langkah untuk memacu partisipasi pemilih.

“Kita lihat tingginya peserta golput. Sebagai unsur pemerintah, Dinas Pariwisata Maros mencoba melakukan perangsangan partisipasi pemilih, dengan memberikan hadiah berupa gratis akses masuk ke dalam tempat wisata,” kata Nuryadi saat ditemui di Kawasan Alam Bantimurung, Jumat, 12 April 2019.

Nuryadi berharap langkah tersebut memberikan sumbangsih dalam menyukseskan pemilu 17 April 2019.

“Mereka yang memiliki nama hampir serupa kandidat, cukup hanya memperlihatkan bukti telah mencoblos dan kartu identitas,” ujarnya menambahkan.

Pemberlakuan akses gratis masuk ke kawasan wisata alam Bantimurung ini tidak hanya berlaku bagi warga lokal saja, tapi terbuka untuk semua masyarakat dari berbagai daerah yang ingin datang menikmati hari libur.

Selain pemberian akses secara cuma-cuma, pihak pengelola dari kawasan wisata Bantimurung juga memberikan potongan khusus bagi mereka yang datang secara berkelompok. []

Baca juga: