Purwakarta, (Tagar 11/6/2018) - Fitri Wulandari (30) melahirkan bayi di dalam mobil di rest area kilometer 88 jalan Tol Cipularang wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Peristiwa itu, dilansir dari Antara, terjadi pada Senin dini hari (11/6) pukul 03.30 Wib. Saat itu rest area dipadati para pemudik yang ingin menunaikan ibadah sahur, termasuk keluarga Fitri.

Warga asal Tangerang itu bersama suaminya, Haryanto (35) akan mudik ke Pangandaran. Mereka menggunakan mobil Toyota Kijang Nopol B-1978-GM. 

Fitri melahirkan bayi perempuan di jok tengah mobil tersebut.

Petugas kepolisian dipimpin IPTU Kuswari membantunya, menggunakan mobil patroli membawa Fitri ke RSUD Bayu Asih.

Setelah situasi terkendali, dirinya dan bayi perempuannya dipastikan dalam kondisi sehat, Fitri menceritakan apa yang terjadi di rest area itu.

"Mulanya mual-mual dan perut terasa mulas seperti masuk angin. Saya kira itu hanya masuk angin biasa, tapi ternyata saya melahirkan. Tetapi untungnya tidak ada kendala," katanya saat ditemui di Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta.

"Rencananya ingin lahiran di kampung halaman, karena usia kandungan saya sudah mencapai 9 bulan," lanjutnya.

Kini Fitri dan bayi perempuannya masih menjalani perawatan di RSUD Bayu Asih Purwakarta. 

Melahirkan di Kapal

Sehari sebelumnya kejadian serupa dialami Nurlaila (39). Ia melahirkan di dalam Kapal Fery Dharma Lautan Utama yang tengah berlayar dari Sulawesi Utara-Batulicin, Tanah Bumbu.

Nurlaila kemudian dievakuasi personel kepolisian Resor Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang bertugas dalam Operasi Ketupat 2018.

Kapolres Tanah Bumbu Ajun Komisaris Besar Polisi Kus Subiyantoro di Batulicin, Minggu, mengatakan bahwa perempuan yang melahirkan di dalam kapal tersebut merupakan penumpang kapal yang hendak mudik Lebaran dari Sulawesi Utara menuju Tanah Bumbu.

Sementara itu Kepala PT Dharma Lautan Utama Batulicin Shaleh menjelaskan, Nurlaila yang hamil 9 bulan sebelum berlayar sudah mendapatkan peringatan dari pihak medis setempat bahwa kondisinya tidak memungkinkan untuk perjalanan jauh. Tapi, Nurlaila tetap memaksakan diri berangkat ke Tanah Bumbu. Pihak kapal kemudian meminta surat pernyataan bahwa kalau terjadi hal-hal tidak diinginkan dalam perjalanan, yang bersangkutan tidak akan menuntut siapa pun.

Pernyataan tersebut disepakati pihak keluarga dan yang bersangkutan. Tenyata salama pelayaran yang dikhawatirkan pihak medis kapal terjadi. Nurlaila mengeluhkan sakit perut dan pada hari Minggu pukul 04.30 Wita melahirkan anaknya saat masih dalam perjalanan.

"Alhamdulillah, yang bersangkutan bisa melahirkan dengan normal saat di dalam kapal, dan saat ini sudah dibawa ke rumah sakit oleh pihak medis yang mendampingi dan dikawal oleh pihak kepolisian," ujar Shaleh.

Melahirkan di Mobil

Jumat malam 8 Juni seorang ibu bernama Natalie melahirkan bayinya dalam perjalanan mudik di Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpantim), Kabupaten Lampung Timur. 

Ia melahirkan bayi laki-laki di dalam mobilnya di Pos Pengamanan (Pos Pam) Operasi Ketupat Polres Lampung Timur di Jalinpantim Desa Karya Makmur Kecamatan Labuhan Maringgai.

Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantoro menjelaskan, Natalie adalah warga Desa Pematang Gadung, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

Pada malam itu Natalie meminta pertolongan proses kelahiran anaknya kepada polisi di Pos Pengamanan (Pos Pam) Operasi Ketupat Polres Lampung Timur di Jalinpantim Desa Karya Makmur Kecamatan Labuhan Maringgai.

"Suaminya sudah mencari bidan di Kecamatan Pasir Sakti, mungkin karena malam kan sepi, karena tidak ketemu, suami Natalie berhenti di Pos Pam Desa Karya Makmur dan meminta tolong kepada polisi untuk dibantu mencarikan bidan karena istrinya mau melahirkan," kata Kapolres.

Selanjutnya, kata Kapolres, anggotanya belum sempat mencarikan bidan, Natalie terlebih dahulu melahirkan di dalam mobilnya.

"Anggota melihat Natalie sudah kesakitan dan akhirnya melahirkan di mobilnya, lalu oleh anggota dibawa ke bidan terdekat untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Kapolres menyebutkan kondisi Natalie sehat setelah melahirkan, begitu pula bayinya.

"Anak yang dilahirkan laki-laki dan kondisi keduanya alhamdulillah sehat," ujarnya. (af)