Jakarta, (Tagar 11/6/2018) - Perlu rasa aman saat meninggalkan rumah sebelum mudik ke kampung halaman. Rasa nyaman anak dalam perjalanan mudik juga perlu diperhatikan. 

Berikut tips aman dan nyaman mudik buat orangtua dan anak disampaikan Wakapolri Komisaris Jenderal Pol Syafruddin, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar), Irjen Pol Agung Budi Maryoto dirangkum dari Antara. 

Wakapolri Komisaris Jenderal Pol Syafruddin mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk memastikan kondisi rumahnya aman ketika ditinggal ke kampung halaman.

1. Gas elpiji dicek lagi. Jangan sampai terjadi kebakaran karena lupa mematikan kompor. Pintu dikunci semua, pagar digembok.

2. Titipkan rumah ke ketua RT, ketua RW, atau satpam untuk diawasi selama rumah tersebut kosong, supaya rumah tetap aman selama ditinggalkan.

3. Bagi pemudik menggunakan sepeda motor agar tidak membonceng lebih dari satu orang penumpang. Tidak boleh karena itu berbahaya.

4. Bagi yang menggunakan kendaraan bak terbuka juga tidak diperkenankan untuk mengangkut penumpang. Meski ditutup terpal, itu juga membahayakan dan akan ditinda kalau sampai ketahuan.

5. Bagi pemudik disarankan menggunakan bus atau kereta api demi keselamatan, karena moda transportasi publik tahun ini sudah cukup memadai dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pastikan Anak Nyaman

Ketua KPAI Susanto berbagi kiat agar anak tetap nyaman saat ikut mudik.

1. Pastikan anak disiapkan mainan secukupnya agar nyaman selama dalam perjalanan.

2. Orangtua agar bisa secara kreatif menceritakan keunggulan sejarah khas dari daerah yang dilewati saat mudik agar anak mendapatkan khazanah edukasi.

3. Mengajak anak mengobrol atau menunjukkan pemandangan menarik buat anak.

4. Jika anak mulai terlihat tidak nyaman, alihkan fokus ke hal-hal positif dan menghibur.

5. Pastikan anak tidak main gadget secara berlebihan, agar tidak menimbulkan dampak negatif termasuk gelisah atau melawan ketika dipisahkan dari gadgetnya.

6. Dari aspek nutrisi, beri anak asupan makanan dan minuman sehat. Bila perlu diberi vitamin agar kesehatan anak tetap terjaga.

7. Selama proses mudik, anak bisa kelelahan, maka orang tua sebaiknya memastikan anak beristirahat cukup agar tidak kelelahan.

8. Jika anak terlihat lelah saat perjalanan, bisa memanfaatkan rest area untuk istirahat dan mendapatkan suasana baru.

9. Dalam keadaan tertentu, anak bisa saja rewel. Kalau anak menangis, hindari memarahi apalagi mengadili anak, buat senyaman mungkin.

Istirahat di Polsek

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengimbau pemudik khususnya pengguna kendaraan bermotor untuk beristirahat di Polsek-polsek terdekat apabila merasa kelelahan saat perjalanan.

1. Semua Polsek membuka tempat istirahat, saya buka pintu selebar-lebarnya dan pos pelayanan sudah digelar banyak silahkan dimanfaatkan khususnya untuk roda dua, untuk beristirahat.

2. Pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor jangan memaksakan diri dengan terus memacu laju kendaraannya, apabila saat di perjalanan merasa lelah dan mengantuk. 

Perlu diketahui, kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi diakibatkan oleh pengendara terus memaksakan untuk berkendara meski merasa mengantuk.

3. Sekali lagi silakan beristirahat di Polsek atau posko hingga kondisi tubuh fit kembali. (af