Jakarta, (Tagar 13/10/2018) - Dua hari lalu, 11 Oktober ditandai sebagai Hari Penglihatan Dunia (World Sight Day) yang merupakan hari kesadaran tahunan untuk fokus pada kebutaan dan gangguan penglihatan. 

Tahun ini tema internasional untuk World Sight Day 2018 adalah perawatan mata di manapun. 

World Sight Day pertama kali dideklarasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2000 bekerja sama dengan Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IABP) oleh Lions Club International Foundation. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kebutaan dan gangguan penglihatan. 

Mengapa Perawatan Mata Penting? 

Mata sama pentingnya dengan organ-organ indra lain seperti telinga, hidung, lidah, dan sentuhan. Sekitar 80 persen dari apa yang kita rasakan datang melalui indra penglihatan kita. 

Jika Anda melindungi mata Anda, Anda akan mengurangi kemungkinan kebutaan dan kehilangan penglihatan sementara, juga jauh dari penyakit mata seperti glukoma dan katarak. 

Apa yang Anda harus lakukan untuk merawat mata Anda? 

Berikut hal-hal yang bisa Anda ikuti untuk menjaga mata Anda: 

1. Jangan merokok. 

2. Lakukan tes mata secara teratur. 

3. Makan makanan bergizi. 

4. Kenakan kacamata hitam pelindung. 

5. Bersihkan lensa kontak Anda. 

6. Hati-hati saat mengaplikasikan kosmetik. 

Terlepas dari tips perawatan mata ini, Anda juga bisa mendapatkan jus yang bagus untuk mata Anda. 

Berikut ini tujuh jus terbaik untuk melindungi mata Anda seperti dilansir Boldsky.

1. Jus Apel, Umbi Merah, dan Wortel 

Apel, wortel, dan umbi merah juga populer disebut sebagai jus ABC. Wortel mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh setelah dikonsumsi. Vitamin ini dianggap sangat baik untuk kesehatan mata. Umbi merah mengandung lutein dan zeaxanthin yang mendukung kesehatan. Dan apel makula dan retina yang dikemas dengan flavonoid yang juga dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata. 

2. Jus Tomat 

Jus tomat kaya likopen dan fitonutrien seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin dan vitamin C. Semua nutrisi ini memiliki kemampuan yang kuat untuk melindungi Anda dari masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia. Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid xanthophyll yang telah efektif dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit mata yang telah diperiksa melalui studi epidemiologi, uji klinis dan penelitian pada hewan. 

3. Jus Aloe Vera 

Siapa yang tahu bahwa lidah buaya yang digunakan di sebagian besar produk kecantikan bisa efektif dalam mengobati gangguan mata juga? Minum jus lidah buaya akan meningkatkan penglihatan Anda dan membantu mengurangi kegelapan lensa kristal dalam kasus katarak. Aloe vera juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu dalam melindungi dan meningkatkan kesehatan mata. 

4. Jus Blueberry 

Jus blueberry memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko katarak, glaukoma, kanker, penyakit jantung dan kondisi lainnya, menurut James Joseph, ilmuwan utama di Laboratorium Neuroscience di Pusat Penelitian Gizi Manusia USDA pada Penuaan di Universitas Tufts. 

Penelitiannya menunjukkan bahwa blueberry tidak hanya meningkatkan penglihatan Anda tetapi juga membantu dalam memerangi efek penyakit alzheimer dan mendukung pembelajaran dan kapasitas memori. 

5. Jus Kale, Brokoli, Bayam 

Kale, brokoli, dan bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin, yang bagus untuk mata Anda. Para ilmuwan percaya bahwa antioksidan ini melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan ireversibel. 

6. Jus Jeruk 

Sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa makan jeruk setiap hari mengurangi risiko penglihatan yang memburuk hingga 60 persen. Para peneliti di Institut Penelitian Medis Westmead di Australia melakukan penelitian dan hasilnya menyimpulkan bahwa orang-orang yang secara teratur makan jeruk atau minum jus jeruk mampu mencegah degenerasi makula 15 tahun kemudian. 

7. Jus Pisang 

Pisang dikenal untuk menghilangkan konstipasi dan memberikan energi ke tubuh, tetapi buah berwarna kuning ini memiliki lebih dari itu. Konsumsi pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata Anda secara alami dan dapat menangkal penyakit terkait penglihatan. Pisang mengandung beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi mereka yang kekurangan vitamin A. []