Jakarta, (Tagar 12/1/2019) -  Sebagai salah satu kota metropolitan besar di Asia Tenggara, ibu kota Indonesia, Jakarta memang memiliki ratusan titik istimewa yang menarik untuk disambangi.

Ragam pusat kuliner, budaya, sejarah dan hiburan bisa menjadi pilihan destinasi untuk sekadar melepas penat, mempelajari hal baru atau bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru.

Kaum muda Jakarta juga memiliki tempat-tempat khusus sebagai ajang kongkow bersama teman-teman, menikmati gelaran live music atau sekadar cemal-cemil cantik.

Berikut ini Tagar News rangkumkan, 7 tempat nongkrong favorit kaum muda di Jakarta.

1. Lenggang Jakarta Monas

Tempat kongkow ini pertama kali dibuka pada tanggal 22 Mei 2015. Berisi deretan penjaja kuliner yang menyediakan berbagai sajian makanan lezat, sehingga menjadi salah satu spot kuliner pilihan bagi anak-anak muda di Jakarta.

Berada di taman IRTI Monas, pusat jajanan ini merupakan bentukan Pemprov DKI. Terdapat lebih dari 329 pedagang yang menjajakan produk andalan mereka.

Selain makanan, di tempat ini juga tersedia kios khusus penjualan aksesoris makanan dengan khas budaya Jakarta.

2. Pasar Santa

Tempat ini merupakan tempat nongkrong anak-anak penggemar atau kolektor rilisan musik dan film yang berbentuk fisik atau analog.

Barang-barang oldskull analog seperti Walkman, Kaset Pita, CD musik,  DVD Film bahkan piringan hitam langka, lengkap dengan alat pemutarnya terjaja rapi di sini.

Pasar Santa awalnya merupakan pasar tradisional biasa yang menjajakan berbagai kebutuhan dapur dan rumah tangga, tapi kemudian berevolusi menjadi salah satu spot tujuan anak muda dari berbagai wilayah di Indonesia, untuk berkumpul dan berjejaring.

Terletak di kawasan Jakarta Selatan, lantai 2 Pasar Santa juga menjajakan berbagai pilihan kuliner menarik.

Di beberapa waktu khusus, Pasar Santa juga kerap dijadikan tempat untuk diskusi komunitas, pemutaran film, perilisan album kelompok musik Indie dan lain-lain.

3. Jalan Sabang

Deretan Kafe dan Bar yang menyajikan berbagai live music ada di sini. Jalan Sabang merupakan titik kumpul anak muda dari berbagai kalangan.

Berbagai pilihan kuliner tradisional seperti bubur, sate, martabak, sampai mie ayam juga tersedia di sini.

Banyaknya losmen dan penginapan murah di sekitaran lokasi, menjadikan Jalan Sabang semakin terkenal dan kerap menjadi destinasi turi-turis mancanegara.

4. Boca Rica Tapas & Lounge

Boca Rica Tapas & Lounge merupakan restoran baru yang dibuka pada tanggal 21 Desember 2018 lalu.

Berada di Mangkuluhur City, Jl. Gatot Subroto Kav 2-3, Semanggi Jalarta Selatan, Boca Rica menjadi pilihan bagi para eksekutif muda untuk kongkow bersama klien dan kawan bisnis mereka.

Meski berada di kawasan elit, kisaran harga mulai dari 600 ribuan untuk 2 orang yang ditawarkan oleh Boca Rica merupakan harga yang sangat terjangkau.

Menyediakan pilihan menu lezat seperti Aged Beef, Gambas Al Ajillo, dan Apple Brie Crostini, Boca Rica juga menjajakan berbagai Cocktails nikmat.

5. Anomali Cafe Senopati

Anomali Cafe Senopati bisa jadi merupakan tempat yang sangat familiar bagi para pecinta kopi.

Desain interior menawan yang didominasi warna alam, pencahayaan yang hangat, menjadikan Anomali Cafe Senopati terkenal sebagai salah satu tempat ngopi paling instagramable buruan anak muda di Jakarta.

Berada di kawasan Kebayoran Baru,  Jakarta selatan, tempat ini sangat layak dikunjungi untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

6. Beergarden SCBD

Sesuai dengan namanya, Beergarden menjajakan minuman bir sebagai salah satu barang jualan utama mereka. Pilihan sebanyak 36 varian beer dari berbagai negara tersedia disini.

Konsep taman yang berada di bagian outdoor dari restoran ini amat cocok sebagai tempat nongkrong dan berbincang pegawai-pegawai dan pebisnis muda di Jakarta.

Lantai bawah yang cozy, kerap menyajikan sajian musik hidup dari berbagai genre. Sedang di lantai atas, suasana hangat dan tenang cocok untuk menjadi tempat ngobrol bersama pasangan atau kawan bisnis.

7. Whats Up Cafe

Tempat makan yang mengusung konsep "The Real Hangout Place" ini merupakan salah satu tempat paling diburu oleh anak muda dari berbagai wilayah di Jakarta.

Whats Up Cafe terkenal sebagai tempat kekinian yang menyajikan makanan-makanan warung kaki lima sebagai menu andalan mereka.

Whats Up Cafe selalu ramai oleh anak muda yang ingin kongkow bersama teman-teman, berselfie ria demi konten Instagram, atau sekadar menyesap kopi sederhana di tempat yang nyaman. []